Selasa, 14 Oktober 2014

Adobe Audition

Adobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor, dan mixer yang berbasis di windows. Adobe Audition dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu edit view dan multitrack view. Edit view sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara multitrack view dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. (Adobe Systems Incorporated, 2013)

Adobe Audition biasa digunakan dalam beberapa hal, antara lain : 
1.    Merekam Suara
Langkah pertama mengatur peralatan untuk merekam.  Pastikan perangkat kabel mic telah terpasang pada soundcard. Buat file audio baru dan atur seting audio yang akan dihasilkan dan akhiri dengan tombol ok. Proses merekam suara menekan tombol recod (red button) di bagian bawah layar dan hentikan proses rekaman dengan cara menekan tombol record sekali lagi. Cara memastikan tekan tombol play untuk memutar rekaman.
2.    Mengurangi Noise
Terkadang pada saat merekam suara muncul suara yang tidak di harapkan, misalnya suara kipas angin. Cara mengurangi suara yang mengganggu adalah dengan menyeleksi bagian yang hanya terdapat noise dan berikan efek noise reduction.
3.    Menambah atau mengurangi volume
Volume waveform dapat diubah dengan menu amplify.
4.    Menambah efek suara
Cra menambah efek suara adalah dengan menyeleksi dahulu sebagian atau keseluruhan waveform kemudian gunakan menu effect dan ubah pitch.

Sumber : Pandan Purwachandra, 2007


Tidak ada komentar: