Jumat, 07 November 2014

Metodologi pengembangan multimedia

Metodologi pengembangan multimedia penting untuk mengembangkan sebuah karya berbasis multimedia agar sesuai dengan perencanaan dan tahapannya.
a.         Concept
Tahap concept (konsep) adalah tahap untuk menentukan ide dan tema film yaitu diet, serta menentukan tujuan dan siapa pengguna program (audience identification).
b.        Design
Design (perancangan) adalah tahap membuat spesifikasi mengenai kerangka, gaya, tampilan dan kebutuhan material/bahan. Melakukan tahap design setelah melakukan analisa tentang ide dan tema yang layak diangkat menjadi sebuah film.
c.         Material Collecting
Material Collecting adalah tahap dimana pengumpulan bahan dan materi. Tahap ini dapat dikerjakan paralel (bersamaan) dengan tahap assembly.
d.        Assembly
Tahap assembly (pembuatan) adalah tahap dimana semua objek diintegrasikan. Tahap ini merupakan proses awal sampai akhir produksi film animasi menggunakan software. 
e.         Testing
Tahap testing dilakukan setelah tahap pembuatan (assembly) selesai. Tahap ini dilakukan dengan menjalankan aplikasi/program dan dilihat apakah ada kesalahan atau tidak. Tahap ini disebut juga sebagai tahap pengujian.
f.          Distribution

Tahapan dimana file disimpan dalam suatu media penyimpanan seperti DVD dan internet. Pada tahap ini jika media penyimpanan tidak cukup untuk menampungnya, maka dilakukan kompresi terhadap aplikasi tersebut. 


Sumber : Ariesto Hadi Sutopo, 2003



Tidak ada komentar: