Senin, 29 September 2014

Body Mass Indeks (BMI)

Fenomena gizi buruk kini juga terjadi di negara maju seiring meningkatnya pendapatan dan gaya hidup, yakni tidak hanya berupa kurang gizi, tetapi berupa kegemukan atau obesitas. Obesitas atau kegemukan adalah suatu keadaan yang terjadi jika kuantitas jaringan lemak tubuh dibandingkan dengan berat badan total lebih besar dari keadaan normalnya. Obesitas merupakan faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner disamping faktor risiko lainnya, seperti hipertensi, diabetes melitus, stres, dan kurang olahraga.
  Sederhananya, pengertian dari obesitas adalah suatu keadaan dimana terdapat penimbunan kelebihan lemak dalam tubuh. Umumnya, obesitas dapat ditentukan menggunakan indeks massa tubuh (IMT)/Body Mass Index (BMI), yaitu perbandingan berat badan (dalam kilogram) dengan kuadrat tinggi badan (dalam meter). Pada usia lebih dari 20 tahun, menurut kriteria WHO untuk kawasan Asia Pasifik termasuk diantaranya negara Indonesia, obesitas ditentukan jika IMT > 25.  


untuk mengetahui berapa indeks masa tubuh anda, silahkan gunakan alat penghitung yang berada di sebelah kiri artikel ini



sumber : Sunita Almatsier, 2003

Tidak ada komentar: